Home » , » Cara Membersihkan Jaket dari Bahan Suede

Cara Membersihkan Jaket dari Bahan Suede


Foto Jaket Suede, Photo used under Creative Commons from Andrew Magill
Cara membersihkan jaket yang terbuat dari bahan suede bisa dikatakan hampir sama dengan cara membersihkan boots atau sepatu dari bahan suede. Namun demikian ada beberapa hal yang berbeda yaitu metode serta jenis pembersih yang harus digunakan.

 Dalam upaya membersihkan jaket dari bahan suede, bisa dimulai dengan langkah pertama yaitu menyikat bahan suede dengan sikat khusus dengan maksud untuk melonggarkan serat bahan. Selain itu langkah ini membantu menghilangkan kotoran yang menempel dipermukaan suede dan memberikan akses kepada bahan pembersih untuk mencapai noda yang susah dihilangkan/noda membandel.

Jika jaket suede Anda terkena noda, (terutama noda bekas keringat atau berminyak), untuk menghilangkan noda tersebut bisa digunakan bahan tepung maizena. Caranya, oleskan tepung maizena secara tipis meratake bahan suede, kemudian biarkan selama beberapa jam atau bahkan seharian atau semalaman. Selama didiamkan ini, tepung maizena akan menyerap noda dan mengangkatnya dari bahan suede. Langkah berikutnya adalah sikat bahan suede tersebut dengan sikat khusus untuk membersihkan tepung maizena dari permukaan suede.

Selain dengan menggunakan tepung maizena, membersihkan noda dari jaket bahan suede bisa juga dengan menggunakan uap. Namun berhati-hatilah melakukannya agar tidak merusak bahan suede. Cara terbaik untuk menguapi bahan suede adalah dengan cara menggantungnya dalam kamar mandi beruap setelah Anda mandi air panas.

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan tapi noda masih membandel, Anda perlu menggunakan bahan pembersih suede yang lebih kuat. Gunakan bahan pembersih khusus bahan kulit yang bisa digunakan juga untuk bahan suede. Bacalah dengan teliti petunjuk pemakaian bahan tersebut agar hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan. Selain itu, agar bahan suede tidak berubah warna, gunakan air di seluruh permukaan bahan suede, dan tidak hanya di bagian yang ternoda saja.

Demikianlah cara membersihkan jaket dari bahan suede yang dapat Anda praktekan di rumah. Terima kasih sudah meluangkan waktu singgah di bolg sederhana ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar