Home » , » Cara Membersihkan Sofa Kulit

Cara Membersihkan Sofa Kulit



Foto Sofa Kulit, Photo used under CreativeCommons from Rubyblossom
Memiliki sofa yang berbahan kulit tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri buat pemiliknya, mengingat sofa kulit bias dikategorikan perabotan mewah serta ekslusif. Dibalik kemewahannya itu perlu perawatan ekstra agar awet . Selain itu cara membersihkan sofa kulit pun tidak semudah membersihkan sofa yang bukan berbahan kulit.

Jika Anda memiliki sofa kulit, gunakan penyedot debu serta sikat lembut untuk membersihkannya. Agar sofa kulit Anda tetap bersih lakukan kegiatan ini minimal  satu kali dalam seminggu. Diharapkan dengan melakukan penyedotan debu dapat menghilangkan partikel kulit, debu, serta kontaminan lain yang terkumpul pada bahan kulit sofa Anda. Selain itu pastikan untuk membersihkan bagian jahitan dan sela-sela sofa kulit Anda, karena biasanya di area tersebut  tempat kotoran terkumpul.

Hal penting lainnya dalam perawatan rutin sofa kulit adalah memberikan pelembab bahan kulit. Namun harap diingat bahwa setiap bahan perawatan atau  pembersih rumah tangga biasanya mengandung bahan kimia. Karena itu, penting untuk membaca label kemasan sebelum menggunakannya, dan untuk memastikannya tes produk tersebut dengan cara mengoleskan sedikit pada bagian bahan kulit yang tersembunyi.  Kalau warna bahan kulit tidak berubah, oleskan produk pelembab bahan kulit secara merata pada sofa kulit Anda dan jangan lupa laukukan kegiatan ini di ruangan yang ventilasinya  bagus. Selain itu kenakan  pelindung pada tangan dan wajah Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa yang harus dilakukan jika sofa kulit kena tumpahan?

Anda tentu ingin sofa Anda tetap bersih dan kering namun terkadang hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya sofa kulit Anda terkena tumpahan minuman atau makanan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menepuk-tepuk, jangan menyekanya. Apabila makanan, tinta, minuman atau hal lain tumpah ke bahan kulit, menyeka tumpahannya hanya akan membuat noda permanen dan membuat warna bahan kulit berubah. Karena itu, tepuk-tepuk tumpahan dengan kain lembab dengan maksud  untuk mengeringkan serta menyerapnya.

Langkah berikutnya  bersihkan dengan menggunakan pembersih bahan kulit khusus. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan, terutama bila jumlah tumpahan sangat banyak. Jangan lupa pastikan Anda mengikuti cara pemakaian yang tertera pada kemasan produk pembersih tersebut.

Langkah terakhir  gunakan pengawet bahan kulit. Rawat bagian bahan kulit yang terkena tumpahan untuk melengkapi proses perawatan terhadap sofa kulit Anda.

Demikianlah cara membersihkan dan merawat sofa kulit, semoga bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah meluangkan waktu berkunjung ke blog sederhana yang berisi seputar cara membersihkan berbagai perabotan atau bahan.

0 komentar:

Posting Komentar