Home » » Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop


Foto Laptop, Photo used under Creative Commons from  Rob DiCaterino
Disadari atau tidak, layar laptop adalah bagian pada laptop yang paling sering dilihat. Tentu akan menimbulkan perasaan terganggu jika melihat layar laptop dalam keadaan kotor. Sebaliknya, akan timbul perasaan senang apabila melihat layar laptop dalam keadaan bersih.

Layar laptop kebanyakan bukan kaca seperti layar monitor zaman dulu, melainkan berupa LCD. Tidak seperti halnya layar kaca yang relatif mudah dibersihkan, layar LCD/laptop lebih membutuhkan perhatian khusus dalam membersihkannya.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan layar laptop/ LCD:

Pada saat membersihkan layar laptop/LCD, pastikan laptop dalam keadaan dimatikan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari agar tidak ada arus listrik yang di timbulkan pada saat kita membersihkan layar laptop.

Gunakan kain yang lembut dan bersih untuk membersihkan layar laptop Anda.Kain mikrofiber adalah pilihan yang terbaik untuk tugas ini. Kain yang kasar, kertas atau tisu bisa menggores permukaan layar laptop Anda.

Jangan pernah menggunakan pembersih yang mengandung alkohol atau amoniak ataupun deterjen kasar untuk membersihkan layar laptop Anda

Saat menggunakan cairan pembersih layar laptop, hindarkan penyemprotan langsung ke layar laptop, agar tidak menimbulkan kerusakan pada layar laptop. Cara yang benar adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih secukupnya ke kain yang akan digunakan untuk membersihkan layar monitor.

Bersihkan layar laptop dengan perlahan-lahan. Jangan menekan terlalu kuat permukaan layar laptop Anda untuk menghindari kerusakan yang mungkin timbul dalam membersihkan layar laptop.

Gerakan yang benar dalam membersihkan layar laptop adalah gerakan satu arah. Usap ke arah atas-bawah atau kanan-kiri. Jangan melakukan usapan memutar kartena gerakan memutar bisa membuat area tersebut mengalami tekanan lebih dibanding tempat lain.

Gunakan semprotan udara bertekanan untuk menghilangkan debu yang menempel di permukaan layar laptop. Karena mengusap debu yang menempel di permukaan layar laptop berpotensi menyebabkan layar laptop Anda tergores.

Demikianlah cara membersihkan layar laptop yang benar. Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar